Wisata Kopi.
Explore Kopi di Indonesia

Wisata Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar


Perkebunan Kopi Karanganyar terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kabupaten Blitas. Letak perkebunan ini sangat strategis karena berada tak jauh dari Kawasan Wisata Penataran dan sejalur dengan beberapa destinasi wisata Blitar.

Di perkebunan kopi karanganyar ini spot andalannya adalah sebuah bangunan yang berbentuk seperti benteng kuno. Ternyata bangunan kuno yang berbentuk seperti benteng kuno ini adalah sebuah Cafe. Cafe tersebut benar-banar memiliki bentuk yang menarik.

Disudut lain dari perkebunan karanganyar ini masih banyak spot-spot yang menarik seperti sebuah taman dengan latar belakang bangunan yang bertuliskan "DE KARANGANYAR KOFFIEPLANTAGE".


Selain memberikan pemandanagn bangunan-bangunan indah dan klasik, Perkebunan karanganyar ini juga memberikan unsur-unsur budaya kepada pengunjungnya. Pada sanggar yang terdapat di perkebunan ini, tampak para nayaga menabuh gamelan sambil melantunkan tembang-tembang Jawa yang akan mengiringi langkah para traveler. Perkebunan ini juga memiliki event budaya tahunan yang tak boleh terlewatkan, yakni ritual petik kopi  atau Manten Kopi. Rutual ini diselenggarakan untuk menandai musim petik dan giling. Dilaksanakan di sekitar area perkebunan hingga ke Makam / Punden Nitisari Gadhung Melati dan mata air Kucur 35.

Selain hal-hal yang telah tersebut di atas, pada Perkebunan Kopi Karanganyar juga dikembangkan museum purnabakti, museum pusaka, dan camping ground. Hingga tulisan ini diterbitkan perkebunan ini masih terus berbenah dan mengembangkan diri menjadi destinasi  wisata yang lebih komperhensif.
Unknown Unknown Author

Most Trending

Fans Page

Follow Us


Facebook  Twitter  Google+ Instagram

Popular Posts