Wisata Kopi.
Explore Kopi di Indonesia

Perkebunan Kopi Gayo Aceh

Perkebunan Kopi Gayo Aceh

Kali ini kita akan membahas tentang perkebunan kopi yang ada di Dataran Tinggi Gayo. Terletak di antara 3 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan Kabupaten Gayo Lues. 

Karena berada di ketinggian tanah di wilayah Dataran Tinggi Gayo sangat subur. Masyarakat sekitar biasa berkebun kopi, tembakau, dan sayur-saruyan. Ada juga yang menjadi petani di Dataran Tinggi Gayo. Didukung oleh tanah yang subur hasil panen didaerah Dataran Tinggi Gayo sangat menjanjikan.

Mengenal Perkebunan Kopi Gayo

Perkebunan Kopi Gayo sudah ada sejak penjajahan belanda tepatnya pada tahun 1908. Perkebunan kopi ini terletak diketinggian 1200 mdpl menjadikan udara di sana sejuk dan masih asri sekelilingnya. Perkebunan Kopi Gayo termasuk perkebunan terluas di Indoneisa lo.. Luasnya mencapai kurang lebih 39.000 hektar. 

Masyarakat sekitar banyak yang menjadi petani kopi karena sangat menjajikan. Mengapa? Karena kopi yang dihasilkan di Perkebunan Kopi Gayo ini adalah Kopi jenis Arabika. Kopi Arabika sangat digemari masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Tak heran Kalau kopi yang dihasilkan di Perkebunan Kopi Gayo termasuk yang terbesar di Asia.

Sejarah Perkebunan Kopi Gayo

Kalau bicara soal sejarah pasti ada Belanda dan Jepang ya kan? Kali ini Belanda yang akan kita bahan hehe.. 

Belanda masuk ke daerah Gayo tahun 1904. Biasanya Belanda datang untuk memporakporandakan daerah yang mereka pijaki kan? Kali ini mereka datang untuk memberi penghidupan baru bagi masyarakat di Gayo. Belanda membuka Perkebunan Kopi Gayo di ketinggian antara 1000 - 1700 mdpl. 

Dengan perkebunan baru yang dibuka oleh Belanda ini menjadikan masyarakat sekitar tahu cara mengolah kopi yang benar itu bagaimana. Meraka saling bahu membahu untuk menciptakan biji kopi yang berkualitas tinggi.

Cita Rasa Kopi Arabica yang Dihasilkan Perkebunan Kopi Gayo

Sudah tidak diragukan lagi kualitas dan rasa daro Kopi Arabika yang dihasilkan di Perkebunan Kopi Gayo ini. Masyarakat dunia pasti sudah tahu tentang rasanya karena sangat nikmat. Rasa dari Kopi Gayo ini memiliki aroma dan perisa yang kompleks dan kekentalan yang kuat. Sangat berbeda dengan kopi lainnya.

Bahkan Kopi Gayo mendapat penghargaan di acara International Conference on Coffee Science. Kopi gayo di bandingkan dengan 4 kopi lainnya dan Kopi Gayo lah yang dipilih karena paling enak.

Gimana informasinya jelas kan? Kalau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ya..
  •  
Unknown Unknown Author

Most Trending

Fans Page

Follow Us


Facebook  Twitter  Google+ Instagram

Popular Posts